Rabu, 05 Oktober 2022

WEBSITE SEBAGAI SARANA UNTUK PROMOSI

 

Teknologi  dan  informasi  yang  berkembang  sangat  cepat  membuat  cara  pandang   masyarakat terhadap teknologi informasi. Website adalah sarana yang telah banyak digunakan  yang fungsinya untuk memperkenalkan dan sebagai sumber  informasi yang di  perlukan (Akbar & Tjendrowaseno, 2015). Website dapat juga diartikan sebagai kumpulan  halaman yang dapat menampilkan berbagai  informasi  dalam bentuk teks, suara, gambar, animasi atau gabungan dari beberapa  bentuk  atau semuanya  (Nurmi,  2017) dengan  kata  lain  bahwa  website  sebagai  alat  yang dapat digunakan untuk  menampilkan diri perusahaann, sekolah atau organisasi di internet  (Harminingtyas, 2014)

Menurut Arief (2011a:8) Pengertian Website adalah ”kumpulan dari halaman web yang sudah dipublikasikan di jaringan internet dan memiliki domain/URL (Uniform Resource Locator) yang dapat diakses semua pengguna internet dengan cara mengetikan alamatnya. Hal ini dimungkinkan dengan adanya teknologi World Wide Web (WWW). 

website adalah halaman yang memuat berbagai informasi tertentu serta dapat diakses oleh semua orang asalkan memiliki data internet. Umumnya website bisa diakses memakai berbagai mesin pencari misalnya Google, Yahoo dan Bing.

Website memiliki banyak fungsi  seperti sebagai  media informasi dan  komunikasi, media  pemasaran atau promosi,  dan  media pendidikan  (Zaki, 2009).  Promosi adalah hal-hal yang berkaitan dengan penjualan dan penyampaian informasi mengenai produk. Promosi merupakan unsur dalam pemasaran yang didayagunakan untuk memberitahukan, membujuk, dan mengingatkan tentang produk perusahaan. Promosi adalah seluruh upaya yang dimulai pihak penjual untuk membangun berbagai saluran informasi dan persuasi untuk menjual barang dan jasa.

Situs web atau website mudah diakses melalui Internet untuk orang-orang di berbagai wilayah. Misalnya website dapat digunakan untuk media pemasaran, informasi, pendidikan, komunikasi dan periklanan. Website juga merupakan media yang sangat cocok untuk menghadirkan masyarakat luas dengan berbagai kemungkinan dan keunggulan produk yang ingin di perjual-belikan.

 



Daftar Pustaka 

Arief M Rudianto. 2011. Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP dan MySQL. C.V ANDI OFFSET. Yogyakarta.

Akbar, G., & Tjendrowaseno, T. I. (2015). Website Profil Sekolah Sebagai Media Informasi Dan Promosi | Akbar | IJNS - Indonesian Journal on Networking and Security. https://ijns.org/journal/index.php/ijns/article/view/1316

Nurmi, N. (2017). Membangun Website Sistem Informasi Dinas Pariwisata. Edik Informatika, 1(2), 1–6. https://doi.org/10.22202/jei.2015.v1i2.1418

Harminingtyas, R. (2014). Analisis Layanan Website Sebagai Media Promosi, Media Transaksi dan Media Informasi dan Pengaruhnya terhadap Brand Image Perusahaan Pada Hotel Ciputra di Kota Semarang. JURNAL STIE SEMARANG (EDISI ELEKTRONIK), 6(3), 37–57.

Zaki, A. (2009). Kiat jitu membuat website tanpa modal. Elex Media Komputindo.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERENCANAAN DAN PERANCANGAN FASILITAS INFORMASI

   Nama : Pretty Grace Harita  NIM : 200314020 Tugas : 2  Seandainya adna menjadi kepala Perpustakaan, Buatlah rencana kerja selama 1 tahu...